4 Persoalan yang Sering Dihadapi Para Pelaku UMKM!
4 Persoalan yang Sering Dihadapi Para Pelaku UMKM!
Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, saat ini sudah ada sekitar 60 juta pelaku UMKM di Indonesia. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring berkembangnya sumber daya dan digitalisasi teknologi. Ditambah sekarang Anda bisa melakukan pendaftaran yang berkaitan dengan perizinan secara online uang dapat dilakukan di dimana pun dan kapanpun.

Kita tidak dapat memungkiri bahwasannya UMKM juga mampu menyerap 97 persen tenaga kerja nasional sehingga berkontribusi besar dalam membangun perekonomian negara. Oleh karena itu, dapat dikatakan sektor pelaku usaha merupakan tulang punggung dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Meski begitu, masih terjadi beberapa permasalahan yang sering dialami UMKM di Indonesia dan masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua untuk membenahinya.


Tak jarang UMKM mengalami permasalahan hukum, lebih jauh lagi masalah hukum yang sering dihadapi oleh UMKM sering kali berkaitan dengan kelangsungan bisnis. Sehingga jika tidak ditangani maka akan maka UMKM yang sedang tumbuh bisa saja kalah bersaing, stagnan, bahkan gulung tikar.

Berikut permasalahan hukum yang sering dialami oleh para pelaku usaha,

  1. Perizinan


Masalah yang seringkali terjadi para pelaku usaha enggan atau takut mendaftarkan produknya adalah masalah pembuatan izin yang dikuatirkan berbelit-belit dan membutuhkan biaya besar. Banyak pelaku usaha UMKM yang beranggapan izin usaha belum menjadi suatu keharusan untuk dimiliki. Padahal bagi UMKM, legalitas usaha merupakan hal yang wajib dan sangat bermanfaat bagi kemajuan usaha. Padahal, saat ini pelaku UMKM tidak perlu lagi mengurus izin yang berbelit-belit lagi.

  1. Ketenagakerjaan


Sengketa ketenagakerjaan seringkali menghampiri para pelaku UMKM. Masalah seperti jaminan sosial dan jaminan kesejahteraan, PHK, dll. Para pelaku usaha juga seringkali tersandung pada peraturan ketenagakerjaan yang berdampak pada proses hukum misalnya bipartit hingga proses persidangan di Pengadilan.


  1. Hak Kekayaan Intelektual


Hak kekayaan intelektual termasuk juga kepada masalah krusial yang sering dihadapi, banyak para pelaku usaha yang belum melek terhadap isu seperti merek, hak cipta, paten dsbnya.  Padahal, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya juga mempermudah dan menyederhanakan proses untuk Usaha Mikro dan Kecil dalam hal pendaftaran dan pembiayaan hak kekayaan intelektual,

  1. Perpajakan


Kewajiban Wajib Pajak orang pribadi atau badan yang tidak dipatuhi secara baik akan berujung pada masalah hukum. Hal ini tentunya akan berdampak kepada jumlah pajak terutang. Kewajiban pelaku usaha.


Langkah yang dapat dilakukan bagi Anda sebagai pelaku usaha UMKM dalam menyelesaikan masalah hukum diatas, Anda bisa mencari informasi di internet, menghubungi advokat atau konsultan hukum, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami ya!

Minta Penawaran!