Mau Buka Usaha? Jangan Lupakan Legalitas Usaha!
Mau Buka Usaha? Jangan Lupakan Legalitas Usaha!

Dalam membangun usahanya, para pelaku UMKM sering mengira bahwa persiapan yang telah dilakukan sudah cukup matang. Namun pada kenyataannya ada satu hal yang masih dan sering terabaikan dan tidak dipenuhi, yakni legalitas. Akibatnya ketika aspek legalitas dilupakan, usaha yang mulai berkembang dan maju justru dapat mengalami kondisi yang terancam.

 

Dalam memulai sebuah bisnis ada satu hal penting yang harus dipenuhi, yaitu legalitas. Legalitas yang mempunyai lingkup yang luas, tidak cukup hanya dengan mendirikan badan usaha atau badan hukum saja, tetapi juga mengurus dokumen internal yang berkaitan dengan legalitas usaha Anda.

 

Meski untuk mengurus dan mendapatkan izin usaha sudah diberikan kemudahan oleh pemerintah. Namun masih banyak yang memandang jika mengurus legalitas usaha masih membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup besar. Padahal, legalitas usaha menjadi modal utama bagi perusahaan tersebut untuk berkembang lebih jauh.

 

Badan usaha atau badan hukum yang tidak mengantongi legalitas sudah tentu dapat dikatakan melanggar hukum yang ada dan sangat mungkin akan mendapatkan kendala/risiko dikemudian hari. Tentu hal ini merupakan risiko yang akan ditanggung oleh perushaan tersebut jika tidak mengantongi legalitas. Adapun resiko yang akan dihadapi diantaranya:

 

 

  1. Tidak memiliki perlindungan hukum

 

Pada dasarnya, suatu legalitas dimiliki untuk memberikan perlindungan hukum bagi kelangsungan usaha. Legalitas usaha merupakan standar yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha agar usahanya dapat dinyatakan sah secara hukum, sehingga jika tidak mengantongi sebuah legalitas maka usaha Anda memiliki risiko atau kemungkinan di pertengahan jalan kegiatan usaha tersebut dibekukan dan diberhentikan oleh pihak yang berwajib/instansi terkait.

 

 

  1. Tidak dapat mengembangkan bisnis

 

Melalui legalitas, Anda akan mendapatkan perlindungan hukum serta kesempatan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar.  Hal ini terbukti dengan adanya legalitas, memudahkan Anda untuk bekerja sama dengan pihak lain, akses pembiayaan yang lebih mudah (dari pihak bank/non-bank), selain itu usaha Anda memiliki kesempatan untuk memperoleh program pendampingan dari pemerintah. Jika tidak mengantongi legalitas, otomatis Anda akan kehilangan segudang manfaat yang dapat mengembangkan usaha.

 

  1. Sulit mendapatkan bantuan dana dan investasi

 

Risiko jika tidak mengantongi usaha Anda akan kesulitan untuk mendapatkan bantuan dana maupun investasi. Apabila Anda memiliki izin usaha ataupun legalitas, maka tentu saja Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan peminjaman dana pada pihak bank.

 

  1. Kredibilitas Usaha Anda Diragukan

 

Jika Anda memiliki usaha yang belum mengantongi legalitas sudah barang tentu, setiap pihak/stakeholder yang ingin bekerja sama akan meragukan kredibilitas usaha Anda, dan tentunya ini akan menjadi penghambat usaha Anda untuk berkembang.

 

Nah, sudah tau bagaimana risiko jika usaha Anda tidak memiliki legalitas? Jangan lupa urus legalitas usaha Anda ya, jika Anda kesulitan jangan ragu untuk konsultasi dengan kami ya.

 

Minta Penawaran!