Simak 7 Tips Untuk Menjadi Pedagang Eceran Sukses!
Simak 7 Tips Untuk Menjadi Pedagang Eceran Sukses!
Pedagang eceran atau sekarang sering disebut dengan pedagang ritel adalah pedagang yang menjual barang atau jasa kepada perorangan untuk keperluan diri sendiri, keluarga atau rumah tangga. Produk yang dijual kebanyakan adalah pemenuhan untuk kebutuhan rumah tangga sepeti sembilan bahan pokok (sembako). Pengelola bisnis ritel tidak sekedar hanya membuka toko dan mempersiapkan barang-barang yang lengkap, tetapi lebih dari itu pengelolaan bisnis eceran harus melihat dan mengikuti permintaan pasar agar dapat berhasil dan mempunyai keunggulan untuk bersaing.


Nah Anda mau jadi pedagang eceran yang sukses? Ada beberapa tips nih yang diberikan oleh Buka Usaha untuk pelaku usaha mikro dan kecil untuk menjadi pedagang eceran sukses! Adapun beberapa tips yang perlu diperhatikan antara lain:



Untuk tempat usaha, pilih wilayah strategis, yang mudah diakses oleh pembeli dari berbagai penjuru tempat dan yang banyak dilalui oleh para pengguna jalan.


  1. Pengadaan barang dagangan dari distributor


Meliputi strategi memilih barang dagangan yang berkualitas, dan distributor yang dapat diandalkan. Untuk mendapatkan barang yang berkualitas dapat dengan membeli sendiri ke distributor untuk memastikan kualitas dari barang dagangan.


  1. Sistem pembayaran ke distributor


Pelaku usaha juga perlu memperhatikan lunaknya mekanisme pembayaran barang dagangan, dikarenakan cash flow harus diputar dengan cepat.



Para pelaku UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk pemasaran. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan mengingat media sosial dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk meningkatkan penjualan. Media sosial dapat memperluas dan mencapai target pemasaran. Dengan memperkuat dan mengenali target pemasaran, maka produk atau jasa yang ditawarkan tentu akan lebih diminati oleh para calon pembeli.



Pada umumnya pelayanan yang bertaraf tinggi akan menghasilkan kepuasan yang tinggi yang akan mendukung pembelian ulang oleh konsumen terjadi. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan. Terdapat lima dimensi kualitas layanan, yaitu bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty).


  1. Harga jual yang bersaing, diskon atau potongan harga


Tujuan diadakannya diskon ialah agar mendorong konsumen untuk membeli dalam jumlah besar, mendorong pembelian yang dapat dilakukan secara kontan dan dengan waktu yang lebih pendek serta mengikat pelanggan agar tidak berpindah ke perusahaan lain.


  1. Laporan keuangan yang sederhana


Laporan keuangan sangat penting untuk membantu perusahaan mencatat transaksi. Usaha Mikro dan Kecil masih ada yang mengandalkan pencatatan manual dan tidak menggunakan sistem akuntansi sehingga sering terjadi kesalahan dalam melakukan laporan keuangan tiap tahunnya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan UMKM tersebut.


Nah, Pemerintah telah mengeluarkan aplikasi laporan keuangan sederhana bernama Lamikro yang dapat Anda gunakan!


Selain beberapa tips di atas, ada salah satu hal penting untuk menjadi pedagang eceran yang sukses yaitu mendirikan PT Perorangan! Kenapa PT Perorangan? Karena dengan Anda mendirikan PT Perorangan, artinya Anda telah melindungi bisnis Anda secara hukum. Pemerintah sendiri juga memberikan beberapa kemudahan khusus dan perlindungan kepada pemilik PT Perorangan loh!


Kalau Anda tertarik untuk mendirikan PT Perorangan jangan ragu untuk menghubungi kami ya!

Minta Penawaran!