Simak Persyaratan yang Harus Dipenuhi Untuk Bikin Nama PT Perorangan!
Simak Persyaratan yang Harus Dipenuhi Untuk Bikin Nama PT Perorangan!
Sesuai dengan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas menentukan bahwa setiap perseroan harus memiliki nama. Nama Perseroan adalah nama yang digunakan sebagai identitas suatu perseroan untuk membedakan dengan perseroan yang lain.


Tahukah kamu bahwa untuk menentukan nama perseroan tidak boleh asal pilih loh. Adapun nama perseroan yang diajukan harus memenuhi persyaratan:


  1. ditulis dengan huruf latin.
  2. belum dipakai secara sah oleh Perseroan lain atau tidak sama pada pokoknya dengan Nama Perseroan lain. Yang dimaksud dengan “sama pada pokoknya dengan Nama Perseroan lain” adalah kemiripan yang disebabkan oleh adanya unsur-unsur yang menonjol antara Nama Perseroan yang satu dan Nama Perseroan yang lain yang dapat menimbulkan kesan adanya persamaan mengenai cara penulisan atau persamaan bunyi ucapan yang terdapat dalam Nama Perseroan, walaupun pemiliknya sama. Misalnya PT BHAYANGKARA dengan PT BAYANGKARA, PT SAMPURNA dengan PT SAMPOERNA, PT BUMI PERTIWI dengan PT BUMI PRATIWI, PT HIGH-DESERT dengan PT HIGH DESERT, PT JAYA DAN MAKMUR dengan PT DJAJA & MAKMUR.
  3. tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan.
  4. tidak sama atau tidak mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional, kecuali mendapat izin dari lembaga yang bersangkutan.
  5. tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata. Terdiri atas angka atau rangkaian angka dalam ketentuan ini misalnya: PT3, PT 99, PT 007. Terdiri atas huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata dalam ketentuan ini misalnya: PT. S, PT. A, PT. ABC.
  6. tidak mempunyai arti sebagai Perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata. Mempunyai arti sebagai Perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata dalam ketentuan ini misalnya: Ltd, Gmbh, SDN, Sdn, Bhd, PTE, Co., & Co., Inc., NV, atau BV, Usaha Dagang (UD), Koperasi Usaha Dagang (KUD), Incoporated, Associate, Association, SA, SARL, AG.
  7. tidak hanya menggunakan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha sebagai Nama Perseroan. Hanya menggunakan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha sebagai Nama Perseroan dalam ketentuan ini misalnya “PT Pemborongan dan Pengangkutan”.
  8. sesuai dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan, dalam hal maksud dan tujuan serta kegiatan usaha akan digunakan sebagai bagian dari Nama Perseroan. Sesuai dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan dalam ketentuan ini misalnya PT Pelayaran Andalan yang maksud dan tujuan serta kegiatannya harus di bidang pelayaran, PT. Abdul Konstruksi yang maksud dan tujuan serta kegiatannya harus di bidang konstruksi.


Selain dari persyaratan di atas, pelaku UMK juga wajib tahu bahwa Perseroan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia wajib memakai Nama Perseroan dalam bahasa Indonesia.


Nah, sekarang Kamu sudah tahu kan menentukan nama PT Perorangan tidak bisa sembarangan dan harus memenuhi beberapa persyaratan. Apabila Kamu masih bingung untuk menentukan nama PT peroranganmu jangan ragu untuk menghubungi dan konsultasi dengan Buka Usaha.


Minta Penawaran!