UMK dan Kemudahan Perijinan Berusaha
UMK dan Kemudahan Perijinan Berusaha
“Usaha saya masih kecil-kecilan, jadi izin usaha belum perlu ya?”  Pandangan seperti itu dapat dipastikan keliru. Sebelum menjalani usaha apapun itu, maka sangat disarankan untuk diawali dengan legalitas.  Setiap yang hendak menjalani usaha baik mikro maupun besar wajib memiliki izin untuk menjalankan usaha.
 
Salah satu faktor yang menyebabkan para pelaku usaha enggan atau takut mendaftarkan produknya adalah masalah pembuatan izin yang dikuatirkan berbelit-belit dan membutuhkan biaya besar. Banyak pelaku usaha UMKM yang beranggapan izin usaha belum menjadi suatu keharusan untuk dimiliki. Padahal bagi UMKM, legalitas usaha merupakan hal yang wajib dan sangat bermanfaat bagi kemajuan usaha.
 
Presiden Joko Widodo sudah memastikan kemudahan perizinan berusaha bagi UMKM, melalui OSS (Online Single Submission) akan membantu bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan izin usaha. Perizinan berusaha untuk UMKM diatur di dalam Pasal 37 Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 
 
Dari segi kemudahannya, pelaku UMKM saat ini tidak perlu mengurus izin yang berbelit-belit. Sehingga Pelaku UMKM semakin mendapatkan kemudahan. Mereka tak perlu lagi mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Surat Keterangan Usaha (SKU). Saat ini pelaku usaha hanya diminta mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha) saja.
 
Baik proses perizinan berusaha bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) bagi Badan Usaha maupun perseorangan hanya perlu mengurus NIB saja.  NIB merupakan nomor identitas pelaku usaha, yang terdiri dari tiga belas digit angka. Di dalamnya ada pengaman dan tanda tangan elektronik. Pelaku usaha UMKM mengurus NIB sesuai bidang usaha yang diatur dalam Klasifikasi Buku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020.
 
Dengan mengurus NIB, legalitas usaha Anda akan terjamin. Berikut beberapa keuntungan jika Anda mengurus izin usaha.
 
Pertama, Anda akan mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan. Dengan begitu, lokasi usaha Anda tidak akan dapat diklaim oleh pihak lain.
 
Kedua, Anda akan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha dari perorangan, kelompok, atau instansi terkait bantuan modal, tenaga kerja/manajemen usaha.
 
Ketiga, kesempatan bagi usaha Anda untuk mendapatkan bantuan biaya dari bank atau non-bank semakin besar. Keempat, usaha Anda akan mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah dan/atau lembaga lainnya. 
 
Jadi, masih ragu untuk mendaftarkan izin usaha Anda?

 

Minta Penawaran!