UMKM-mu Makin Cuan Dengan Memiliki Reseller!
UMKM-mu Makin Cuan Dengan Memiliki Reseller!
Saat ini, reseller juga mempengaruhi kesukseskan suatu UMKM. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, menyebut para pelaku UMKM yang terkoneksi dengan ekosistem digital terbukti lebih mampu bertahan menghadapi krisis, termasuk pandemi Covid-19. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan memperbanyak reseller online untuk membantu pemasaran produk UMKM.
 
Tapi, sebelumnya mari kita bahas apa itu reseller?
 
Dikutip dari Buku "Step By Step Bisnis Dropshipping dan Reseller"  yang ditulis oleh Ahmad Syafii, reseller adalah menjual kembali sebuah barang dari supplier tanpa adanya stok barang dengan komisi yang telah ditentukan sendiri atau ditetapkan oleh supplier. 
 
Memiliki reseller memiliki banyak keuntungan bagi UMKM Anda. Apalagi dengan pangsa pasar online di Indonesia sangat besar, memiliki reseller yang banyak bukanlah hal yang mustahil. Nah, mari ketahui dulu keuntungan apa saja yang akan didapatkan ketika sebuah UMKM memiliki reseller dalam mengembangkan bisnisnya.
 
  1. Reseller dapat meningkatkan penjualan Anda!
 
Dengan memiliki reseller, tentunya akan mendorong penjualan Anda, bayangkan yang semula pendapatan hanya berasal dari satu sumber yakni penjualan Anda sendiri, ketika memiliki reseller, maka pendapatan dari hasil penjualan akan bertambah.
 
  1. Memperluas target pasar
 
Seorang reseller pasti memiliki target pasar tersendiri dalam menggaet/menarik seorang costumer. Hal ini tentunya akan menguntungkan Anda, jika seorang reseller dapat menarik costumer yang berada di luar jangkauan Anda. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa reseller yang berada di daerah, orang akan cenderung membeli ke daerah yang lebih dekat dengan lokasinya, maka dari itu fungsi dari seorang reseller adalah memperluas target pasar Anda.
 
  1. Hemat Biaya Operasional
 
Bagi Anda pelaku bisnis yang kesulitan untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk membuka cabang baru di daerah tertentu, hal ini dapat teratasi dengan adanya seorang reseller, seorang reseller dapat menjadi perwakilan bisnis Anda dalam menjual produk kepada pelanggan. Tapi tentunya Anda juga perlu melakukan sosialisasi dan pembinaan agar kualitas produk serta pelayanan penjualan Anda tetap berjalan dengan baik.
 
Keberadaan reseller tentunya membantu Anda dalam melakukan branding suatu produk. Mereka akan melakukan promosi produk Anda, sehingga produk Anda semakin dikenal luas. Eits, tunggu dulu keberhasilan suatu produk juga dipengaruhi oleh media sosial sebagai sarana baru pemasaran para pelaku UMKM.
 
Dari situ Anda bisa menyediakan materi promosi yang ciamik, sehingga para reseller yang bergabung jadi semakin bersemangat untuk mempromosikan produk Anda di media sosial serta menciptakan peningkatan penjualan Anda.
 
Jika Anda masih membutuhkan diskusi lebih lanjut cara membangun dan mengembangkan bisnis, jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Minta Penawaran!