Yuk! Simak 10 Kemudahan dan 3 Insentif yang Diberikan oleh Pemerintah Kepada Pelaku UMKM!
Yuk! Simak 10 Kemudahan dan 3 Insentif yang Diberikan oleh Pemerintah Kepada Pelaku UMKM!
Untuk menciptakan stabilitas ekonomi di Indonesia harus didukung oleh iklim usaha yang lebih baik. Namun, kualitas iklim usaha Indonesia masih perlu diperbaiki, terutama dalam hal kemudahan usaha, kebijakan di bidang Kewirausahaan, kondisi infrastruktur untuk berwirausaha, serta karakteristik pelaku usaha.
 
Kemudian keadaan iklim usaha di Indonesia semakin buruk dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan pilar penting perekonomian Indonesia menjadi terpuruk, oleh karena itu menurut Pemerintah kondisi ini perlu segera dipulihkan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah ialah dengan mengeluarkan Perpres No.2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024.
 
Dimana berdasarkan Perpres 02/2022 ini, Pelaksanaan Pengembangan Kewirausahaan Nasional terdiri atas:
 
  1. Dokumen Pengembangan Kewirausahaan Nasional; dokumen yang memuat uraian pedoman umum Pengembangan Kewirausahaan Nasional.
  2. Rencana Aksi Pengembangan Kewirausahaan Nasional; dokumen rencana kerja untuk pelaksanaan berbagai program dan kegiatan kewirausahaan nasional sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.
 
Dengan membentuk dan mengimplementasikan Dokumen Pengembangan Kewirausahaan Nasional dan Rencana Aksi Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Pemerintah berharap dapat mewujudkan pembentukan dan pengembangan Ekosistem Kewirausahaan yang tepat sasaran dan terukur guna membentuk Wirausaha yang inovatif dan berkelanjutan.
 
Selain itu, berdasarkan Perpres 02/2022, dalam rangka Pengembangan Kewirausahaan Nasional, kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah memberikan Kemudahan dan Insentif sesuai kemampuan keuangan negara/ keuangan daerah.
 
Lalu kemudahan dan insentif apa saja yang diberikan kepada wirausaha?
 
Kemudahan yang diberikan kepada wirausaha berupa:
 
  1. Pendaftaran perizinan berusaha dalam sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Fasilitasi standardisasi dan sertifikasi dalam negeri dan untuk ekspor;
  3. Akses pembiayaan dan penjaminan;
  4. Pengutamaan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah;
  5. Pengutamaan dalam akses pasar digital BUMN;
  6. Mendapatkan akses penyediaan bahan baku dan/atau bahan penolong;
  7. Mengakses fasilitas umum meliputi lahan area komersial, pada tempat perbelanjaan, dan/atau tempat promosi yang strategis pada infrastruktur publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. Melakukan riset dan pengembangan usaha;
  9. Mendapatkan akses peningkatan kapasitas usaha melalui pendampingan, pendidikan dan pelatihan, dan bimbingan teknis; dan/atau
  10. Bentuk kemudahan lain sesuai dengan ketentuan.
 
Kemudian, Pemerintah juga memberikan Insentif kepada wirausaha berupa:
 
  1. Pengurangan, keringanan, dan/atau pembebasan pajak daerah dan retribusi daerah;
  2. Subsidi bunga pinjaman pada kredit program pemerintah; dan/atau
  3. Fasilitas pajak penghasilan, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
 
Adapun Pemerintah melakukan Pengembangan kewirausahaan nasional ini dengan tujuan sebagai berikut:
 
  1. Menyinergikan kebijakan dan program pengembangan kewirausahaan nasional yang diselenggarakan oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan;
  2. Memperkuat ekosistem kewirausahaan di Indonesia;
  3. Menumbuhkembangkan wirausaha yang berorientasi pada nilai tambah dan mampu memanfaatkan teknologi; dan
  4. Meningkatkan kapasitas wirausaha dan skala usaha.
 
Selain itu, dalam jangka pendek dan menengah, hasil dari pengembangan Kewirausahaan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Wirausaha untuk lebih berdaya saing, menyerap belanja pemerintah, BUMN dan/atau BUMD serta menghasilkan produk yang bisa menggantikan produk-produk impor. Secara lebih luas, hasil dari pengembangan Kewirausahaan diharapkan dapat memperbaiki kualitas , iklim usaha, kesempatan kerja, dan daya saing.

 

Minta Penawaran!